Minggu, 06 Februari 2011

Polemik Pilihan | Istikharah yuk =D

Hidup memang banyak pilihan, bukankah begitu kawan?

Begitu banyak pilihan membuat kita bingung dan ga tenang. Sampai-sampai makan tak tenang, tidur pun tak nyenyak. Begitu terasa kerumitan pilihan-pilihan itu. Terutama bagi orang-orang yang duduk di kelas XII. Ya ga? =P Hha


Mau milih perguran tinggi pun terasa sulit. Antara minat, jarak, biaya, peluang, waktu, orang tua dan kenyataan sering berjalan tak seirama. Jadi seperti makan buah simalakama. Itu lebaynya sih.. Tapi ya kurang-lebih begitulah keadaannya.

Nah, bagaimana mencari solusi dari berbagai masalah itu?


Istikharah, jawabannya! Mintalah bimbingan langsung kepada Allah dengan penuh kesungguhan dan kepasrahan.

Mengapa? Karena Allah, Yang Mahakuasa, yang menggenggam jiwa manusia tentu yang lebih tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya.

Istikharah adalah amalan yang selalu diamalkan oleh Nabi Muhammad saw. Beliau sangat menekankan pentingnya istikharah. Kata salah seorang sahabat beliau, Jabir bin Abdullah, “Rasulullah mengajari kami istikharah sebagaimana beliau mengajari kami sebuah surat dalam Al Qur’an.”

Shalat Istikharah adalah Shalat Sunnat dua rakaat untuk memohon petunjuk kepada Allah, dalam hal menentukan pilihan dari dua perkara yang belum diketahui baik dan buruknya.

Kemudian setelah itu ada sebuah do'a memohon petunjuk dari Allah dalam memilih dua pilihan atau lebih agar keputusan yang akan diambil atau dipilih memberikan keberkahan, kebaikan, dan keridhaan-Nya.


Berikut Do'anya :

Allahuma inni Astakhiruka bi ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as'aluka min fadlikal adzimi, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta allamul guyub.

Allahumma, inkunta ta'lamu anna hadzal amra khairan lii fii diini wa ma'asyi wa 'aqibati amri aw 'ajili amri wa 'ajilihi, faqdurhu lii wa yassirhu lii, tsumma barik lii fiihi.

Wa inkunta ta'lamu anna hadzal amra syarrun lii fii diini wa ma'asyi wa aqibati amri aw fii ajili amri wa 'ajilihi, fashrifhu anni washrifni anhu, waqdur liil khaira haitsu kaana, tsuma ardinii.


Ya Allah, Aku memohon kepada-Mu agar memilihkan untukku mana yang baik berdasarkan ilmu-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu yang Agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak mempunyai kemampuan sedikitpun. Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui. Dan sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib.

Ya Allah, sekiranya Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku untuk agama, kehidupanku, dan akhir perkaraku, cepat atau lambat, maka berikanlah perkara ini padaku, mudahkanlah untukku, kemudian berkahi aku dalam perkara ini.

Adapun jika Engkau mengetahui, bahwa perkara ini buruk bagiku dalam agama dan kehidupanku serta akibat perkara ini maka jauhkanlah perkara ini dariku dan jauhkanlah aku darinya. Dan jadikanlah kebaikan untukku dimana saja aku berada serta jadikanlah aku ridha atas segala pemberian-Mu..


Aamiin...

.

Tidak ada komentar:

Intense Debate Comments

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label