Jumat, 31 Desember 2010

Dua Belas Jenis Cinta Manusia

Cinta adalah salah satu kebutuhan emosional manusia. Laki-laki ataupun perempuan pasti membutuhkannya. Jenis cinta ini ada bermacam-macam. Sekurang-kurangnya ada dua belas jenis cinta yaitu :
1. perhatian,
2. pengertian,
3. hormat,
4. kesetiaan,
5. penegasan,
6. jaminan,
7. kepercayaan,
8. penerimaan,
9. penghargaan,
10. kekaguman,
11. persetujuan,
12. dukungan.

Nah, dalam praktiknya kaum laki-laki dan perempuan masing-masing mempunyai kebutuhan yang khas dan sama-sama penting. Kaum perempuan terutama membutuhkan jenis cinta dari 1 sampai 6 dan kaum laki-laki membutuhkan jenis cinta dari 7 sampai 12.

Tentunya setiap laki-laki dan perempuan pada akhirnya membutuhkan kedua belas jenis cinta itu. Mengakui keenam jenis cinta yang dibutuhkan kaum perempuan bukan berarti kaum laki-laki ga butuh jenis-jenis cinta ini. Kaum laki-laki juga butuh perhatian, pengertian, rasa hormat, kesetiaan, penegasan, dan jaminan. Jadi yang dimaksud masing-masing gender butuh enam jenis cinta itu adalah kebutuhan primernya, sedangkan jenis cinta lainya adalah kebutuhan sekunder.

Dengan kita tahu kebutuhan masing-masing gender. Maka hubungan interaksi antara laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan, atau laki-laki dengan perempuan dapat berjalan baik tanpa ada konflik di dalamnya.


Berikut penjabaran jenis-jenis cinta tadi :


1. Perempuan membutuhkan Perhatian, Laki-laki membutuhkan Kepercayaan.

Saat seseorang (laki-laki maupun perempuan) bisa memperlihatkan minat kepada perasaan-perasaan seorang perempuan dan menunjukan kepedulian, maka si perempuan akan merasa dicintai dan diperhatikan. Sementara untuk laki-laki, bila seseorang (laki-laki maupun perempuan) menunjukan sikap terbuka dan mudah menerima terhadap seorang laki-laki, maka si laki-laki itu merasa dipercaya. Mempercayai laki-laki berarti meyakini bahwa ia bisa melakukan yang terbaik bagi pekerjaannya ataupun apa yang dilakukannya.


2. Perempuan membutuhkan Pengertian, Laki-laki membutuhkan penerimaan.

Bila seseorang dapat mendengarkan tanpa menghakimi, melainkan dengan empati terhadap seorang perempuan yang sedang mengungkapkan perasaan-perasaannya, perempuan itu merasa didengarkan dan dipahami. Sikap penuh pengertian bukan berarti mengetahui pikiran atau perasaan seseorang, melainkan berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang didengar, dan bergerak untuk membenarkan apa yang disampaikan. Semakin terpenuhi kebutuhan si perempuan untuk didengarkan dan dimengerti, semakin mudah baginya untuk menerima orang lain. Bila seseorang dengan penuh cinta menerima seorang laki-laki tanpa berusaha mengubahnya maka si laki-laki itu merasa diterima. Karena laki-laki memiliki sifat dasar ga suka untuk diperbaiki, dikritiki, atau dianggap tidak memiliki kemampuan oleh orang lain. Setelah merasa diterima, lebih mudah bagi laki-laki untuk mendengarkan dan membangun kepercayaan. Hubungan pun dapat harmonis.


3. Perempuan membutuhkan Rasa Hormat, Laki-laki membutuhkan Penghargaan.

Seorang perempuan akan merasa dihormati bila orang lain menanggapinya dengan mengakui dan mengutamakan hak-hak, harapan, suara, aspirasi, dan kebutuhan-kebutuhannya. Bila orang lain mempempertimbangkan pikiran-pikiran dan perasaan si perempuan, maka ia pasti akan merasa dihormati. Dan bagi laki-laki, saat orang lain mengakui telah menerima manfaat dari usaha-usaha dan tingkah lakunya, laki-laki akan merasa dihargai. Penghargaan merupakan reaksi alami terhadap perasaan didukung. Setelah merasa dihargai, laki-laki tahu usahanya ga sia-sia. Dengan begitu ia akan terdorong untuk memberi lebih banyak dan lebih bersemangat untuk melakukan yang lebih baik lagi.


4. Perempuan membutuhkan Kesetiaan, Laki-laki membutuhkan Kekaguman.

Perempuan akan merasa istimewa bila orang lain di sekitarnya selalu ada untuk mendukung dan menemaninya dalam suka maupun duka. Dan kesetiaan memang hal yang penting bagi seorang Perempuan. Bagi laki-laki, ia akan merasa istimewa saat ia dikagumi. Keberadaannya dianggap penting oleh orang-orang disekitarnya. Ia akan merasa dicintai jika orang lain mengakui kehebatannya, keunggulannya, dan kerja kerasnya. Sehingga ia merasa dikagumi.


5. Perempuan membuhkan Penegasan, Laki-laki membutuhkan Persetujuan.

Perempuan ga suka digantung! (bukan pake tali gitu ya. Hhe). Ia butuh ketegasan terhadap suatu ketidakpastian. Sedangkan laki-laki butuh persetujuan. Sikap menyetujui berarti mengakui alasan-alasan baik di balik apa yang ia lakukan.


6. Perempuan perlu Jaminan, Laki-laki butuh Dorongan.

Seorang perempuan akan merasa terjamin saat orang-orang disekitarnya memberikan rasa aman dan nyaman baginya. Hingga ia tak merasa ragu pada orang lain. Dan Laki-laki akan merasa didorong saat seseorang mendukung, membesarkan hatinya, percaya kemampuannya, menerima, menghargai, mengagumi, dan menyetujuinya.


Akhir kata, baik Laki-laki maupun Perempuan akan menampilkan sisinya yang terbaik saat kebutuhan cinta mereka terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Intense Debate Comments

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label