Rabu, 18 Januari 2012

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (ITB) 2012



Sistem penerimaan mahasiswa baru ITB tahun 2012 secara resmi telah disahkan oleh Rektor ITB Bapak Akhmaloka yang menyatakan bahwa ITB menerima 100% mahasiswa lewat jalur SNMPTN. Dasar peraturan ini adalah Peraturan Menteri No. 34 Tahun 2010 yang intinya adalah setiap PTN wajib mengunakan jalur SNMPTN 60%, dan sisanya sesuai kebijakan masing-masing PTN. SNMPTN pun akan dibagi menjadi 2 jenis SNMPTN, yaitu undangan dan tertulis. Mengenai pembagian jumlahnya secara jelas belum ditentukan secara pasti.

a. Penjelasan Mengenai SNMPTN Undangan
Pihak penyelenggara SNMPTN akan mengundang SMA ataupun pendidikan sederajat untuk mengikuti SNMPTN Undangan. Kepala Sekolah harus benar-benar memastikan bahwa SMA-nya sudah diundang. Proses undangan kepada setiap sekolah ini akan dimulai sekitar 20 Januari 2012, dan apabila belum diundang Kepala Sekolah bisa langsung menghubungi Panitia SNMPTN. Adapun syarat agar bisa diundang adalah minimalnya salah satu dari siswanya pernah mengikuti SNMPTN dan diterima. Rencananya, tanggal 1 Januari 2012 website SNMPTN akan dibuka di alamat www.snmptn.or.id.

Adapun kuota yang diberikan antara lain :

1. Sekolah terakreditasi A 50 % boleh mendaftar
2. Sekolah terakreditasi B 30-35 % boleh mendaftar
3. Sekolah terakreditasi C 20-25 % boleh mendaftar
4. Sekolah internasional 5 %

Tanggal 15 Januari 2012 diperkirakan akan launching informasi perihal SNMPTN 2012.

Selain itu, biaya untuk SNMPTN adalah:

1. SNMPTN Undangan : Rp175.000, 00
2. SNMPTN Tertulis
a. IPC lebih mahal
b. Non IPC lebih murah
Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri
Jalur undangan dibuka sekitar bulan Maret setelah itu baru dimulai ujian tertulis 31 Mei atau 1 Juni 2012.


Informasi Biaya ITB
Saat ini SK masih dimatangkan, mengenai masalah biaya kuliah aturannya berbeda tiap universitas. Bagi yang kurang mampu dapat meminta keringanan. Berkaitan dengan peraturan menteri 20 % total mahasiswa harus dari kalangan yang tidak mampu dan tidak boleh diskriminatif. Informasi tentang beasiswa (ITB memberikan beasiswa dalam jumlah yang besar):


-Bidik Misi tetap ada
Untuk jalur undangan biaya pendaftaran akan gratis, untuk mendaftar bidik misi harus langsung ke DIKTI bukan lagi ke Panitia SNMPTN. Apabila diterima maka akan mendapat PIN gratis. Misalkan sudah mendapat PIN gratis dan mendaftar SNMPTN undangan namun tidak diterima apakah ia boleh mengikuti SNMPTN tertulis dengan gratis? persoalan ini masih dibicarakan.


-Beasiswa yang lain
1. Ekonomi
2. Prestasi (Contoh: PPA = Beasiswa Peningkat Prestasi Akademik, Sponsor)

Perlu ditekankan, ITB TIDAK AKAN mengeluarkan mahasiswanya karena masalah keuangan, asalkan dikomunikasikan.


Sumber: http://masukitb.com/c/2717

Ayo semaangat kelas 3 nya, semoga dimudahkaaaaaan :)


"Apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya" (QS. Ali 'Imran:159)

Ketika seseorang sudah berniat sungguh-sungguh, ikhlas, dan jujur kepada Allah atas niatnya, maka Allah akan menolongnya. Karena pertolongan Allah itu sebanding dengan kekuatan niat dan keyakinan atas pertolongan tersebut.

Dicopy dari notes Teh Nida Rosyidah, Biology ITB 2010.
Monday, 16 January 2012 at 20:09

Tidak ada komentar:

Intense Debate Comments

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label